Kamis, 02 Agustus 2012

Tips Mencari Informasi Dalam Registry

Ukuran dan jumlah informasi yang dikandung dalam Registry wajib diketahui sebelum mulai mengaduk-aduk dan mengutak-atik apa yang akan diedit.

Untuk mengkonfigurasi Windows (dan dengan demikian mengubah Registry tanpa harus masuk ke Registry Editor) kita dapat menelusuri berbagai bagian Control Panel dan memutuskan apa yang akan diubah. Karena Control Panel telah menyediakan kerangka kerja kontekstual sehingga lebih mudah dipahami dan tidak jarang kita menemukan dan memiliki kemampuan baru untuk kemudian membuat beberapa perubahan berdasarkan penemuan baru tersebut.

Tidak demikian halnya dengan Registry, Registry Editor tidak menyediakan kerangka kontekstual, dan isi dari Registry itu sendiri lebih dekat dengan tumpukan data mentah daripada terjemahan yang mudah dimengerti oleh seseorang. Meskipun kita dapat mengintip Registry, hanya kemungkinan kecil kita dapat menemukan sesuatu yang berguna untuk melakukan perubahan. Dengan demikian, seseorang harus benar-benar tahu apa yang ingin dilakukan sebelum mulai mengedit Registry.

Jika ingin menemukan informasi dalam Registry, bantuan terbesar hanya kotak pencarian Find:

find box registry editor
Gambar 1. Kotak dialog Find.
  1. Buka Registry Editor, seperti biasa.
  2. Tekan Ctrl + F, maka akan muncul kotak dialog find. (lihat gambar).
  3. Dalam kotak Find what, masukkan apa yang ingin ditemukan.
  4. Gunakan kotak centang di bagian bawah untuk menunjukkan di mana Registry Editor harus menemukan kecocokan (Match).
  5. Klik tombol Find Next.
Cukup itu saja. Registry Editor mencoba untuk menemukan apa yang dicari, dan pencarian dapat berlangsung cukup lama. Jika kecocokan ditemukan, akan disorot di salah satu jendela Registry Editor, tergantung pada di mana informasi itu ditemukan.

Kita akan memerlukan banyak waktu dalam mempelajari apa yang ingin diubah dengan hanya mencari-cari dokumentasi atau bertanya kepada staf pendukung program. Sayangnya, tidak ada panduan yang komprehensif yang dapat menjelaskan dan memodifikasi Registry, dan siapa pun yang mengklaim memiliki panduan komprehensif pasti akan menarik kaki semua orang.

Entri Populer 7 Hari