Kamis, 02 Agustus 2012

Cara Membuat Registry Keys atau Nilai

Sifat dinamis dari Registry berarti bahwa informasi yang dikandungnya selalu berubah tergantung pada kebutuhan dari sistem operasi, program, atau pengguna. Oleh karena itu, sangat mungkin untuk menambahkan nilai baru (value) ke Registry atau bahkan menambahkan key baru. Registry Editor memungkinkan kita dengan cepat dan mudah menambahkan nilai-nilai atau key.

registry editor
Gambar: Registry editor

Mengapa kita perlu menambahkan kunci (key) atau nilai-nilai (values)? Pada dasarnya, tidak banyak kegunaan dalam hal menambahkan item kecuali kita tahu bahwa itu akan diperlukan oleh aplikasi atau sistem operasi itu sendiri.

Di bawah ini adalah contoh cara menambahkan kunci baru (key), katakanlah kita ingin menambahkan satu ke dalam HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE. Cukup ikuti langkah berikut:
  1. Mulai Registry Editor, seperti biasa.
  2. Klik panah kecil di sisi kiri HKEY_LOCAL_MACHINE. Registry Editor harus menampilkan semua item di bawah kunci ini.
  3. Cari dan klik pada tombol SOFTWARE (memilih percobaan ini).
  4. Pilih Edit | New | Key. SOFTWARE key diperluas ke bawah secara otomatis dan kunci baru ditambahkan di bawahnya.
  5. Ketik nama yang ingin digunakan untuk kunci baru tersebut.
  6. Tekan Enter. Kunci baru akan mengambil tempatnya dalam daftar abjad kunci di bawah SOFTWARE.

Hingga titik ini, kita telah membuat sebuah kunci baru. Kita kemudian dapat menambahkan nilai untuk kunci baru dengan mengikuti proses yang sama. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa, pada langkah 4, pilih Edit | New dan kemudian jenis nilai yang ingin ditambahkan.

Informasi yang ditambahkan ke Registry akan tetap ada sampai diubah oleh kita (pengguna) atau oleh program yang mungkin telah digunakan.

Entri Populer 7 Hari