Senin, 06 Agustus 2012

Cara Menampilkan Window Command Prompt

Microsoft Windows adalah sistem operasi yang sangat berorientasi visual. Hal ini mudah digunakan karena kita dapat menggunakan mouse untuk "klik dan titik" untuk hasil yang diinginkan. Namun, ada kalanya kita perlu melakukan operasi berulang atau beberapa perintah (batch) secara bersamaan. Dengan hanya menggunakan Windows Command Prompt, kita dapat melakukan berbagai perintah jauh lebih cepat dari pada menggunakan mouse.

Ada sekitar 100 baris orientasi perintah yang dapat dimasukkan ke dalam Command Prompt Window. Beberapa contoh di antaranya adalah: CD (change direktori), COPY (salinan file ke lokasi lain), DEL (menghapus file), DIR (menyediakan daftar direktori dari isi folder itu), dll

Untuk menampilkan jendela Command Prompt cukup sederhana. Cukup klik tombol Start, ketik CMD, lalu tekan Enter. Sebuah jendela hitam akan muncul, sering disebut sebagai kotak DOS atau jendela DOS. (Lihat Gambar 1.) Ini adalah jendela Command Prompt.

command prompt
Gambar 1. Jendela Command Prompt.

Sekarang kita dapat mengetikkan baris perintah pada prompt ("C: \>") dan mengakhiri masing-masing dengan menekan tombol Enter. Jika kita belum pernah masuk dan melakukan perintah apapun sebelumnya, salah satu dari perintah pertama yang mungkin ingin kita ketik adalah perintah Bantuan (Help): Cukup ketikkan kata Help dan tekan Enter. Kita kemudian akan melihat sejumlah daftar perintah yang tersedia untuk kita gunakan.

Untuk keluar dari jendela Command Prompt, ketikkan kata Exit dan tekan Enter, atau klik tombol Close Window.

Entri Populer 7 Hari