Rabu, 01 Agustus 2012

Mematikan Program Sejak Memulai Windows

Ketika menghidupkan komputer maupun laptop, Windows mulai berjalan (startup) melalui proses booting yang memuat segala macam file sistem operasi.  Bukan itu saja yang dimuat namun Windows juga dapat memuat program utilitas yang telah terinstal pada sistem. Program-program yang dimuat dan diperlukan sangat bervariasi dari sistem ke sistem, tergantung pada perangkat lunak (software) yang telah diinstal pada sistem PC maupun Laptop.

system configuration startup windows
Gambar: Tab Startup dari kotak dialog System Configuration.

Untuk melihat program apa saja yang dimuat ketika mulai menjalankan Windows, kita perlu untuk menampilkan kotak dialog System Configuration.
Tampilakan Start Menu (klik Start) dan dalam Kotak Pencarian Program dan File ketikkan msconfig.exe, kemudian tekan Enter. Program ini dijalankan, dan sesaat kemudian kita melihat jendela program System Configuration. Pilih tab Startup (lihat gambar). Untuk menampilkan jendela System Configuration juga dapat menggunakan (Run) di dalam Start Menu dan ketikkan msconfig.exe kemudian tekan Enter.

Tab ini berisi daftar program yang secara otomatis dijalankan setiap kali memulai Windows. Sebagian besar dari program berakhir sebagai ikon di Area Notifikasi dari Taskbar, tetapi beberapa program hanya menjalankan dan tidak meninggalkan tanda bahwa mereka aktif di memori.

Perhatikan setiap item pada bagian Startup item dalam daftar program yang meliputi Manufacturer. Ini benar-benar jendela informasi yang sangat bermanfaat dalam menentukan apakah kita perlu program startup tertentu atau tidak. Setiap komputer memiliki daftar program yang berbeda-beda tergantung perangkat lunak yang telah diinstal.

Setiap item startup memiliki kotak centang di sebelahnya, sehingga kita dapat memilih untuk "mematikan" program pada saat memulai Windows. Yang benar-benar berguna tentang tab Startup adalah kolom Lokasi (Location). Mempelajari kolom ini dapat mengungkap dimana perintah yang sebenarnya untuk menjalankan sebuah program berada.

Dalam menggunakan tab Startup dari kotak dialog System Configuration, kita dapat memilih program mana yang harus dimuat ketika menjalankan Windows dan yang tidak seharusnya. Kosongkan kotak centang untuk setiap program yang tidak ingin dijalankan sejak mulai menjalankan Windows, dan kemudian reboot. Jika masalah muncul, kita juga dapat kembali ke msconfig, centang kotak program yang telah dimatikan sebelumnya, dan restart.

Entri Populer 7 Hari